Teknik mengukur berat badan sapi

Bagaimana dengan peternakan rakyat, yang tidak mempunyai timbangan tersebut?. Perlu diketahui, metode ini tidak bisa diterapkan pada ternak unggas seperti ayam, itik, apalagi puyuh, karena bobot badan terlalu ringan. Untuk mengukur linkar dada sapi, alat yang biasa digunakan adalah seperti pita meter.

Dalam hal ini yang sering digunakan adalah Rumus Winter dan Rumus Scroll. Dengan memperhatikan volume organ kepala, kaki, ekor, dan massa jenis daging atau jeroan, akan diperoleh angka yang mendekati bobot badan hewan yang sebenarnya. Untuk domba persentase karkasnya sekitar 45 persen dan dagingnya 75 persen dari karkas.

Informasi pemesanan dapat menghubungi kami di Semoga Bermanfaat…. Jika bisa mengetahui asal sapi atau pakan yang diberikan juga faktor pendukung yang bagus dalam menaksir. Rumus Schoorl Indonesia. Ada seekor sapi mempunyai lingkar dada cm, maka perkiraan bobot badan si sapi ini dapat kita hitung dengan rumus sebagai berikut: Metode Scroll yaitu metode ini dengan mengukur lingkar dada si sapi.

Tingkat kesalahan margin error bahkan kurang dari 10 persen. Dengan memperoleh angka taksiran bobot hidup, maka persentase karkas dan teknik mengukur berat badan sapi dapat segera diketahui.

Tetapi cara ini kurang praktis untuk membeli sapi di pasar hewan, karena tidak mungkin dan pasti ribet jika kita membawa-bawa timbangan ke pasar hewan sehingga untuk lebih mudah digunakan cara kedua.

Inilh hasil dari pengalaman selama bertahun-tahun. Pada domba dan kambing perubahan ini terjadi pada umur ,5 tahun dan sapi ,5 tahun. Sehingga taksiran bobot sapi tidak terlalu jauh dari bobot sebenarnya. Sehingga taksiran bobot sapi tidak terlalu jauh dari bobot sebenarnya.

Berikut ini adalah rumus Scroll: Harga timbangan ini bisa mencapai 10 juta rupiah. Jadi lingkar dada yang sudah didapatkan tinggal dimasukkan ke dalam tabel untuk diketahui kisaran berat badan sapi. Sejumlah peneliti mencoba membuktikan keakuratan rumus-rumus itu diuji-cobakan terhadap beberapa kelompok sapi antara bobot taksir dan bobot timbangan.

Cara mengetahui atau Menaksir berat badan sapi dapat dilakukan dengan: Lingkar dada bisa dihitung dengan cara melingkarkan seutas tali di belakang gumba melalui belakang belikat. Rumus Scheiffer mengadopsi rumus tabung, dengan menampilkan formula sebagai berikut: Di dalam peternakan besar biasanya sudah disediakan timbangan khusus untuk sapi.

Penentuan berat badan sapi dapat dilakukan dengan beberapa rumus yaitu: Tentu saja semua ini dilakukan melalui cara alami, yang berkaitan dengan kualitas pakan serta efektivitas kerja dari organ pencernaan hewan, bukan melalui cara penggelonggongan.

Jika perut terlihar besar, buncit, serta menggantung sebaiknya jangan memilih sapi tersebut, karena adanya indikasi kecurangan yang diperbuat oleh penjual untuk memberatkan timbangan dengan memberi makan atau minum secara pakasa kepada sapi. Dengan mengetahui bobot badan ternak, tentu akan sangat bermanfaat ketika kita hendak membeli kambing pedaging di pasar hewan.

Dari ketiga rumus di atas, manakah yang paling benar? Dengan memperhatikan volume organ kepala, kaki, ekor, dan massa jenis daging atau jeroan bakal diperoleh pendekatan untuk memperoleh berat hewan sebenarnya. Mungkin istilahnya bukanlah yang paling benar, karena semuanya pasti benar.

Hasilnya, Rumus Scheiffer dan Rumus Lambourne ternyata lebih mendekati bobot badan sebenarnya pada sapi, domba, dan kambing. Panjang badan diukur mulai dari siku sampai benjolan tulang tapis. Ada seekor sapi mempunyai lingkar dada cm, maka perkiraan bobot badan si sapi ini dapat kita hitung dengan rumus sebagai berikut: Semoga bermanfaat.

Cara Menaksir Bobot Badan Sapi Potong

Jadi, metode ini hanya bisa diterapkan pada ternak ruminansia besar dan kecil. Perbedaan dalam penghitungan bobot badan ternak merupakan hal yang wajar. Cara Menghitung Berat Badan Sapi. Perbedaan dalam penghitungan bobot badan ternak merupakan hal yang wajar.

Cara ini adalah yang paling akurat dan tepat dan sudah diterapkan di peternakan-peternakan modern baik skala menengah maupun besar dan sudah mulai juga diterapkan oleh peternak peternak yang menginginkan kepastian harga.

Panduan Mengukur Sapi.2. Menggunakan teknik pengukuran badan yang kemudian dikonfersikan dengan berat badan sapi. Cara ini bisa kita gunakan jika kita memang sama sekali tidk ada pengalaman menaksir sapi.

Nah, bagaimana cara menghitung bobot badan ternak? Pertambahan bobot badan ini menjadi makin penting bagi usaha penggemukan sapi, kerbau, domba, dan kambing, karena peternak mengharapkan hewan yang dipeliharanya dapat gemuk dalam waktu cepat.

Sedangkan Metode Winter yaitu dengan mengukur lingkar dada dan panjang badan. Untuk mengukur linkar dada sapi, alat yang biasa digunakan adalah seperti pita meter.

Cara Menghitung Berat Sapi Dengan Animeter

Cara mengukurnya dengan melingkarkan pita meter tepat di belakang siku kaki depan si sapi. Sedangkan panjang badan diukur dengan menggunakan tongkat ancientmarinerslooe.com: Sapibagus. Mar 21,  · Kalau di perusahaan besar, bobot sapi dan kerbau biasa ditimbang dengan timbangan ternak. Timbangan ternak cukup berat dan harganya pun mahal.

Di pasar hewan, timbangan ternak ini tak dijumpai. Jual beli sapi, kerbau dan domba lebih banyak dengan cara “beuli bogoh” sehingga berat ternak acapkali ancientmarinerslooe.com: Shinjeiku Life Stail. Sedangkan Metode Winter yaitu dengan mengukur lingkar dada dan panjang badan.

Untuk mengukur linkar dada sapi, alat yang biasa digunakan adalah seperti pita meter. Cara mengukurnya dengan melingkarkan pita meter tepat di belakang siku kaki depan si sapi. Sedangkan panjang badan diukur dengan menggunakan tongkat ukur. Cara Mengukur Ternak Sapi, Umur, Lingkar Dada, Panjang Badan dan Cara Menaksir Berat Sapi Tanpa Timbangan, dll Bagaimana Cara Mengukur Lingkar Dada, Tinggi Punuk, Panjang Badan, Lingkar Scrotum dan Umur Ternak Sapi Serta Menaksir Bobot Sapi Tanpa Timb.

Teknik mengukur berat badan sapi
Rated 4/5 based on 64 review