Klasifikasi penurunan berat badan pada diare

Faktor Penyebab Diare Menurut Widoyono penyebab diare dapat dikelompokan menjadi: Medicinesia 0 Comments Anakdehidrasidiareoralitrehidrasi Seorang anak dapat dikatakan mengalami diare cair akut apabila terjadi diare lebih dari 3 kali sehari BAB selama kurang dari 14 hari serta tidak mengandung darah.

Diare persisten, yaitu diare yang berlangsung lebih dari 14 hari secara terus menerus.

ASUHAN KEPERAWATAN PADA ANAK DENGAN “DIARE”

Jika anak sudah lebih besar, oralit dapat diberikan menggunakan cangkir. Makanan setengah padat bubur atau makanan padat nasi tim bila anak tidak mau minum susu.

Pemberian obat-obatan Prinsip pengobatan diare adalah menggunakan cairan yang hilang melalui tinja atau dengan muntah dengan cairan yang mengandung elektrolit dan glukosa. Oleh karena itu, setiap kehilangan cairan melalu BAB, cairan harus diganti.

Gangguan sirkulasi darah Dalam keadaan normal usus besar dapat meningkatkan kemampuan penyerapan sampai ml sehari, bila terjadi sekresi cairan yang berlebihan dari usus halus ileosekal. Penyebab yang pasti belum diketahui,kemungkinan karena cairan ekstra seluler menjadi hipotonik dan air masuk kedalam cairan intraseluler sehingga terjadi odema otak yang mengakibatkan koma.

Dan menyebabkan tekanan osmotik didalam lumen usus meningkat. Riwayat kesehatan sekarang: Anak dengan diare tanpa dehidrasi tidak perlu dirawat. Jika masih minum ASI, anak dapat disusui lebih sering dan lebih lama.

Disebabkan oleh bakteri invasif yang menyebabkan peradangan pada mukosa usus. Penanganan dietetik Untuk anak di bawah satu tahun dan anak di atas satu tahun dengan berat badan kurang dari 7 kg jenis makanannya: Pada saat ini biasanya diare mulai timbul, setelah itu sel retikulum akan melebar dan kemudian akan terjadi infiltrasi sel limfoid dari lamina propia untuk mengatasi infeksi sampai terjadinya penyembuhan.

Bagaimana tanda dan gejala dari diare? Toksin kolera yang ditularkan melalui bakteri kolera adalah contoh dari bahan yang sangat merangsang motilitas dan secara langsung dapat menyebabkan sekresi cairan dan elektrolit kedalam usus besar sehingga unsur-unsur plasma yang penting ini terbuang dalam jumlah yang besar.

Hal ini akan menyebabkan peninggian tekanan osmotik di dalam lumen hiperosmolar.

Pengertian Diare

Data yang perlu dikumpulkan pada anak dengan diare adalah sebagai berikut: Infeksi enteral adalah infeksi saluran pencernaan makanan yang merupakan penyebab utama diare. Cairan sodium potasium dan bikarbonat berpindah dari rongga ekstra selular ke dalam tinja sehingga menyebabkan dehidrasi, kekurangan elektrolit dapat menyebabkan asidosis metabolik.Status cairan kembali batas normal, dengan kriteria: nilai elektrolit dalam batas normal, tidak ada penurunan berat badan, menyangkut kelemahan, tidak ada diare, kulit kenyal.

· Intervensi 1.)Author: BINTANG. Perbedaan Status Gizi dan Penyakit Infeksi pada Anak. Penyakit diare merupakan salah satu masalah kesehatan di negara berkembang, terutama di Indonesia baik di perkotaan maupun di pedesaan. Penyakit diare bersifat endemis juga sering muncul sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) dan diikuti korban yang.

Berikan makanan selama serangan diare untuk memberikan gizi pada penderita terutama anak agar tetap kuat dan tumbuh serta mencegah berkurangnya berat badan. Anak yang masih minum ASI harus lebih sering diberi ancientmarinerslooe.com: Asuhan Keperawatan (ASKEP).

Klasifikasi terbaru digunakan untuk diare akut yang masih terjadi selama lebih dari 7 hari, yaitu diare memanjang (prolonged diarrhea). Apabila menghadapi seorang anak yang diare, kita harus memperhatikan komplikasi utama yang dapat terjadi, yaitu status dehidrasi.

Diare sebagai salah satu penyakit yang masih sering terjadi di Indonesia dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu penyebab yang sering luput dari perhatian kita adalah diare akibat infeksi.

Klasifikasi penurunan berat badan pada diare
Rated 5/5 based on 82 review